Poliban Untuk Yang Terbaik
+625113305052

Prodi D3 Manajemen Informatika

Program Studi D3 Manajemen Informatika telah menyelenggarakan program Pendidikan sejak tahun 2005 berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dengan Nomor SK pendirian Program Studi : 2961/D/T/2005 tanggal 29 Agustus 2005 dan Nomor SK Izin Operasional 3004/D/T/K-N/2009 tanggal 27 Juli 2009. Arah dan pengembangan Program Studi D3 Manajemen Informatika selalu diselaraskan dengan visi, misi, dan tujuan Program Studi D3 Manajemen Informatika.

VISI :

Menjadi Program Studi unggul di bidang Manajemen Informatika yg berkualitas global pada tahun 2035 

MISI :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan pada tingkat Ahli Madya yang berkualitas sesuai tuntutan global dalam menyiapkan lulusan yang professional berdasarkan nilai-nilai iman dan taqwa, jiwa interpreneur, kritis dan inovatif.
  2. Mengembangkan Penelitian dan Publikasi karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa yang relevan dengan keilmuan Manajemen Informatika.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat untuk menimplementasikan ilmu dan ketrampilan sesuai keilmuan Manajemen Informatika.
  4. Menyelenggarakan tata Kelola program studi yang baik dan bersih serta menjalin kerjasama dengan stakeholder ditingkat nasional maupun internasional untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian dan publikasi karya ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang Manajemen Informatika

Dalam menyelenggarakan Pendidikan tinggi, prodi D3 Manajemen Informatika telah Menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Kurikulum yang telah, sedang berjalan dan tercantum dalam dokumen borang akreditasi prodi D3 Manajemen Informatika tahun 2014 merumuskan kompetensi lulusan sebagai berikut :

  1. Pengembangan Sistem Informasi

Mampu memahami proses pengembangan sistem informasi yang terdiri dari :

a. Perancangan sistem informasi,

Mampu membuat perancangan sistem informasi, mulai dari konseptual (ERD, DFD, rancangan input dan output), menentukan interaksi objek dan fungsi-fungsi pada sistem, menentukan kebutuhan software, hardware, brainware, dan sistem jaringan (Intranet atau internet)

b. Implementasi sistem informasi

Mampu menerapkan teknik-teknik pemprograman baik terstruktur maupun berorientasi obyek yang diimplementasikan dalam bentuk pemmrograman database untuk sistem informasi berbasiskan web ataupun desktop, dengan rincian aktivitas-aktivitas sebagai berikut : 1. Pembuatan database sesuai dengan konseptual/skema perancangan yang sudah disepakati, 2. Pembuatan aplikasi berdasarkan perancangan sistem, 3. Pengujian dan perbaikan aplikasi

 

  1. Desain Grafis dan Animasi

Mampu memahami konsep desain grafis dan mampu membuat produk animasi baik yang berorientasikan bisnis (web animasi, iklan animasi) maupun edukatif (media pembelajaran interaktif dengan animasi bergerak)

 

Pada tahun 2019 prodi D3 Manajemen Informatika melakukan evaluasi dan perumusan Kembali terkait kompetensi lulusan yang tertuang dalam dokumen Borang Akreditasi Prodi D3 Manajemen Informatika tahun 2019 sebagai berikut :

  1. Programmer Komputer

Mampu mendesain dan mengembangkan pemrograman komputer dalam bentuk aplikasi atau sistem dengan berbagai variasi antarmuka (desktop, web & mobile) serta mengimplementasikannya dengan metode, teknik, dan alat bantu tertentu serta dokumentasinya.

  1. Technical Support

Mampu melakukan perbaikan, troubleshooting perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan komputer.

  1. Pengolah Data

Mampu melaksanakan pengelolaan, pengolahan data dan informasi serta mampu melaksanakan otomatisasi administrasi perkantoran.

  1. Wira Usaha

Mampu membangun ide usaha, menyusun rencana serta menjalankan usaha dengan kreatif dan inovatif dengan pemanfaatan teknologi secara maksimal.

 

Pada tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan kebijakan baru di bidang Pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Selanjutnya Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan tinggi pada tahun 2020 ingin menerapkan kebijakan MBKM di seluruh program studi dengan memperhatikan perundang-undangan, peraturan dan panduan penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk mendukung Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan pada tanggal 9 oktober 2020.

Berdasarkan kebijakan program MBKM dan dalam rangka untuk menhasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia industry, maka prodi D3 Manajemen Informatika merumuskan kurikulum MBKM mulai dari tahun 2020 yang mengambil beberapa rujukan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) dimana program diploma tiga berada pada level 5. Oleh karena itu profile lulusan prodi D3 Manajemen Informatika dirumuskan sesuai Peta Okupasi Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tahun 2017 yang disahkan pada tanggal 27 Juli 2017 dengan nomor: 172/KOMINFO/BLSDM/KS.01.07/7/2017 sebagai berikut :

  1. Data Entry Supervisor

Staf Ahli Madya yang mampu mengelola tim data entri dan melaksanakan supervisi operator data entri bidang bisnis yang memasukan data dalam format elektronik meliputi kemampuan :

    1. memahami beragam model, proses dan administrasi kegiatan bisnis di provinsi kalimantan selatan
    2. mengelola tim data entry
    3. menetapkan standar kerja
    4. menetapkan pembagian kerja
    5. melaksanakan supervisi
    6. melaksanakan evaluasi kinerja tim data entri berdasar prosedur standar;
  1. Web Programmer

Staf Ahli Madya yang mampu mengembangkan sistem informasi berbasis web menggunakan framework populer, membangun kerjasama tim dan menerapkan keamanan web yang meliputi kemampuan :

    1. menggunakan metodologi pengembangan sistem informasi
    2. membangun kerjasama tim
    3. mengembangkan basis data
    4. mengembangkan antarmuka berpusat pada pengguna
    5. melakukan pemprograman untuk front end dan back end menggunakan framework populer
    6. menerapkan dasar-dasar keamanan web
    7. menguji dan mengukur kualitas kode, fungsionalitas, tingkat kegunaan aplikasi web yang dibangun menggunakan prosedur standar;
  1. Digital Entrepreneur

Staf Ahli Madya yang mampu mengidentifikasi peluang, mengembangkan ide kreatif, mengeksekusi ide menjadi usaha kreatif dan mampu memanfaatkan tehnologi digital untuk optimalisasi bisnis yang meliputi kemampuan :

    1. memahami peluang bisnis di era digital
    2. mengembangkan pikiran kreatif
    3. membangun ide kreatif/bisnis
    4. membuat rencana ide kreatif/bisnis
    5. menguji dan mengukur kelayakan ide
    6. kreatif/bisnis menggunakan prosedur standar
    7. membangun tim
    8. mengelola unit usaha kecil/UMKM
    9. menggunakan tehnologi digital untuk optimalisasi bisnis;